awal Ceritakain

Kain Sumba, NTT

“Indonesia”, satu kata yang mencirikan keragaman, kekayaan, dan luasnya sebuah negeri. Indonesia memiliki 300 kelompok etnis yang berkembang selama berabad-abad.

Bayangkan betapa kaya negeri ini. Bisa dikatakan, tiap kilometer wilayahnya mengandung puluhan kesenian, filosofi kehidupan, adat istiadat, berbagai macam kuliner, karya seni dan arsitektur yang memesona.

Sebagian kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia tertuang dalam mahakarya kain tradisionalnya. Dalam guratan motif-motif di sehelai kain, tergambar keherogenan masyarakat Indonesia, atas suku, agama, sampai kelas sosial. Salah satu jenis kain yang paling terkenal dari Indonesia, tentu saja adalah kain Batik. UNESCO menyatakan batik sebagai warisan budaya yang dihasilkan oleh Indonesia di tahun 2009. Namun, jauh sebelum itu, batik sudah memiliki penggemar sendiri di seluruh dunia.

Tak hanya batik yang kaya akan budaya dalam tiap helai kainnya,  masih banyak kain tradisional Indonesia yang menjadi ikon budaya bangsa ini. Beratus kain tradisional Indonesia yang punya  keunikan, simbol dan filosofi yang mendalam. Kain-kain ini, sangat tinggi nilainya karena berkaitan dengan filosofi dan simbol kemakmuran.

Disini, di “CeritaKain”, dua buah kata tanpa spasi diharapkan bisa menyajikan informasi, menukar pengetahuan dan wadah bagi Anda pecinta, penggemar dan penikmat kain tradisional Indonesia untuk mendapatkan kain tradisional dari para pengrajin di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s