Tips Memilih Batik Tulis

Membeli batik tulis, mungkin tidak bisa dikatakan mudah. Batik yang dikerjakan secara ‘manual’ dengan goresan tangan ini bisa dibilang batik yang memiliki harga yang lebih jauh lebih mahal, oleh karena itu jangan asal pilih. Berikut tips sebelum Anda membeli batik tulis,

  1. WARNA. Batik tulis/asli berwarna natural, solid dan kuat. Sedangkan tekstil bermotif batik warnanya sintetik, tidak alami, buram dan tidak solid.
  2. MOTIF. Pembuatan batik & pembuatan batik tulis setiap gambar dan setiap motifnya tidak sama persis (asimetris). Ada bagian yang terlalu kecil, tidak sama besar kecilnya, tapi, hal ini wajar terjadi karena proses pembuatannya secara manual. Sedangkan motif pada tekstil terlihat terlalu sempurna, hampir tidak ada yang cacat.
  3. TEKSTUR. Batik yang asli jika dipegang dan dirasakan tekstur kainnya akan mudah jatuh, tidak kaku dan teksturnya lembut. Sedangkan tekstil, bila dipegang kaku dan memiliki tekstur yang kasar, ini disebabkan sifat pewarna yang hanya menempel pada lapisan luar kain dan tidak meresap seperti halnya batik tulis/asli.
  4. AROMA. Rasakan bau pada permukaan kain. Batik yang asli punya aroma yang khas, karena diwarnai dengan kulit kayu dan daun dan memiliki aroma khas yaitu bau lilin. Sedangkan tekstil yang bermotif batik mengeluarkan bau minyak yang kuat.

Bahan: berbagai sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s