Warna budaya batik Cirebon

“Adanya percampuran budaya masyarakat Cirebon dan pendatang, maka terlahirlah batik-batik warna terang dan cerah dengan bercorak/motif yang beraneka ragam, bernama Mega Mendung, Paksi Naga Liman, Puteri Cina, dan masih banyak lagi. Semua batik tersebut dikenal dengan sebutan batik Cirebonan.”

Sejarah Cirebon sebagai kota pelabuhan yang menjadi persinggahan para pedagang dari Tiongkok, Arab, Persia dan India,  menciptakan tradisi baru dan budaya baru daerah pesisir ini. Dari sebuah proses asimilasi budaya dan tradisi religius para pedagang tersebut, maka berpengaruh pada sedikit banyak budaya di Cirebon. Tak terkecuali dalam seni membatik.

Desa pengrajin batik yang berdiri sejak abad 14  yaitu desa Trusmi, sebelum datang pengaruh dari bangsa asing, membatik dengan corak yang sangat terbatas. Barulah saat proses percampuran budaya dari luar, motif dan warna batik di Cirebon menjadi beraneka ragam, hingga saat ini.

Warna-warna batik cirebon yang memiliki ciri khas berwarna cerah dan terang, sebenarnya dipengaruhi oleh proses asimilasi tersebut. Misalnya, warna merah, kain batik berwarna merah, sebenarnya dipengaruhi oleh budaya orang-orang Tiongkok yang terkenal senang menggunakan warna-warna terang, terutama warna merah.

Dalam motif, budaya Tiongkok memiliki pengaruh yang besar dalam motif mega mendung. Tiongkok punya ciri khas gambar awan yang berbentuk bulatan, dari motif tersebut, pengrajin menciptakan motif mega mendung, dengan ciri gambar awan tapi sisinya berbentuk lancip seperti segitiga.

Motif lain yang dipengaruhi oleh dari kebudayaan Tiongkok adalah motif Paksi Naga Liman. Tapi bedanya, motif ini juga dipengaruhi oleh budaya islam dan India. Ini tergambar dari motif-motif yang menggambarkan peperangan. Masuknya bangsa Eropa di Cirebon, juga berpengaruh pada perkembangan motif-motif batik di Cirebon, maka dari itu seringkali ditemukan motif batik cirebon dengan motif bunga tulip, kereta kuda dan gadis belanda. Meski banyak motif batik yang diadaptasi dari luar, tapi, batik dengan motif tradisional Cirebon masih tetap dipertahankan dan sampai saat ini masih dipakai dalam upacara-upacara tradisi, misalnya motif keraton, singa barong dan singa payung.

INOVASI DAN PERAN PEMERINTAH

“Tak hanya mencari keuntungan, tapi sebuah karya yang indah dengan kreatifitas dan kualitas yang baik. Disini, peran Pemerintah sangat dibutuhkan dalam perkembangan batik Cirebon.”

Namun para pengrajin batik tulis tak pernah kuatir, karena selalu ada pasar bagi batik tulis. Seorang pengrajin batik tulis bukan hanya mencari keuntungan semata, namun tujuan mereka adalah melahirkan sebuah karya batik dengan keindahan, kreatifitas dan kualitas yang terjamin. Jangan heran jika, kebanyakan konsumen dari batik tulis di Cirebon ini sebagian besar adalah warga Internasional, salah satunya adalah Jepang.

Para pengrajin tak hanya mempertahankan dan berkreatifitas dalam motif dan warna batik, tetapi secara sadar, berinovasi dalam batik tulis.  Salah satunya yaitu mengembangkan batik dengan warna-warna alam, yang dalam proses pembuatannya menggunakan biji-bijian, daun-daunan dan buah yang menghasilkan warna. Para pengrajin di Cirebon ini pun rajin untuk mengikuti berbagai workshop yang berguna untuk perkembangan batik.

Saat batik printing mendominasi pasar batik di Cirebon, memang tak membuat pengrajin merasa kuatir. Tapi, tetap saja, peran pemerintah dalam peningkatan sumber daya pengrajin batik tulis sangat diperlukan agar bisa berkembang, lebih dikenal dan bisa bersaing sepadan untuk dikenal paling tidak di negerinya sendiri. Sehingga nantinya, akan muncul pembatik-pembatik tulis yang baru yang melestarikan budaya batik tulis Cirebon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s