Jejak Pengrajin batik Cirebon

“Dahulu, pengrajin menjual karya batiknya door to door, berkeliling kota besar yang ada di Indonesia, hingga berminggu-minggu. Kini, adanya showroom batik di sekitar desa Trusmi membantu pengrajin menyalurkan karyanya dan tak jarang, para penggemar kain pun datang sendiri ke kediaman pengrajin.”

Perkembangan batik Cirebon dimulai di awal tahun 1990, saat itu mulailah beberapa orang membuka showroom batik. Sebelumnya, pengrajin keluar kota Cirebon dan selama berminggu-minggu berkeliling ke kota-kota besar di Indonesia kemudian menjualnya dari pintu ke pintu. Kini di Cirebon terdapat puluhan showroom yang menjual batik, biasanya para pengrajin menyalurkan karyanya di showroom kawasan desa Trusmi dan sekitarnya. Jika beruntung, para pengrajin didatangi langsung oleh para pengemar batik atau pengkolektor kain batik dari dalam maupun luar negeri.

Karya-karya batik yang dihasilkan oleh pengrajin batik tulis tentunya tidak dibuat dengan waktu yang singkat. Satu karya kain batik bisa menghabiskan waktu pengerjaan selama 2 – 3 bulan, jika corak batik penuh maka waktu pembuatannya pun lebih lama lagi. Uniknya, setiap pengrajin mempunyai ciri khas masing-masing dalam corak dan motif, walaupun begitu mereka tetap merujuk pada ciri khas dari batik Cirebon.

Berkembangnya zaman, membuat pengrajin batik tulis semakin lama semakin tersingkir. Hanya sekitar 30% – 40% pembatik di Cirebon yang setia membatik tulis, sisanya memilih dengan membuat batik dengan cara cap bahkan printing. Alasan sederhana, batik cap dan printing lebih disukai konsumen karena harganya yang jauh lebih murah daripada kain batik tulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s