Gie Yong Bio temple.

Bercerita tentang kota Lasem, tak lengkap jika saya tak menceritakan tentang sejarah bagaimana kota kecil ini begitu terkenal di tahun 1700an, dan hal ini ditandai dengan berdirinya klenteng Gie Yong Bio di sebuah sudut jalan desa Babagan, Lasem. Klenteng yang berdiri diantara rimbun pepohonan ini adalah saksi betapa eratnya hubungan orang asli Indonesia/pribumi dengan orang Tionghoa, percaya atau tidak hubungan baik orang pribumi dengan orang Tionghoa di Lasem sangat berbeda dengan kota lain di Indonesia, yang pernah saya temui.

Awalnya saya tidak percaya dengan kata seorang teman saya yang tinggal di Lasem, “kamu akan merasakan sendiri, bagaimana berinteraksi dengan orang Tionghoa yang sudah lama tinggal di Lasem,” ucapnya. Benar saja, disini orang Tionghoa tidak menutup dirinya untuk bersosialisasi dengan orang pribumi. hubungan mereka layaknya teman lama atau sahabat.

Klenteng Gie Yong Bio dibuat tahun 1780 untuk menghormati 3 pahlawan yang berjuang melawan VOC di tahun 1742-1750, yaitu Oei Ing Kiat, Panji Margono dan Tan Kee Wie. Panji Margono, seorang pribumi, semasa hidup sampai sepeninggalnya dianggap sebagai penyelamat bagi warga Tionghoa. Panji Margono, mengajak orang-orang Pribumi menyelamatkan orang-orang Tionghoa yang saat itu diusir dan dibuang kelaut oleh VOC. atas jasanya, membuat warga Tionghoa, membuat altar khusus untuknya di dalam klenteng ini. Klenteng Gie Yong Bio ini terakhir dipugar di tahun 1915!

Melihat ke dalam klenteng ini, kira dan kanan tembok di ruang masuk, terlihat ukiran tembok sangat indah,  membentuk sebuah cerita. Sayangnya sampai saat ini belum ada yang meneliti apa makna dari cerita tersebut. warna-warni kain berwarna merah yang terpanjang di depan altar dan sebagai aksen lampion/lampu di klenteng ini, merupakan warna merah menyala khas Tionghoa, yang warna tersebut diaplikasikan di kain batik khas Lasem.

ps: cerita tentang kepahlawanan 3 pejuang lasem, bisa dibaca di buku “babad tanah jawa.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s