Ngopi sambil ngelelet di Lasem (2)

Ngopi di warung ini, membuat saya tersadarkan bahwa saya seperti tengah berada di sebuah coffee shop di Jakarta dengan kopi yang super enak dan obrolan yang sungguh asik. Ya,  ini memang tidak seperti bayangan saya, para penikmat kopi disini mengobrol bukan hanya membahas soal pekerjaan atau kehidupan sehari-hari, tapi juga soal isu politik, ekonomi sampai soal budaya. 

Di tengah-tengah meja, pak Gendut biasanya menyediakan susu kental manis dan kayu memanjang. Sebuah budaya mengobrol sambil ngopi dan kemudian membatik diatas rokok menggunakan bekas ampas kopi, terjadi di kota kecil ini. Ampas kopi yang biasa disebut lethek, ditorehkan atau di leletke pada batang rokok. Ditorehkannya pun tak sembarangan, biasanya mereka membuat gambar-gambar batik pada batang rokoknya.

Meleletkan ampas kopi pada rokok bukan hal mudah, apalagi membentuk corak-corak batik. Ampas kopi dicampurkan dengan sedikit susu kental manis agar mudah melekat pada batang rokok. Untuk saya yang baru pertama kali mencoba, nggak mudah, membuat corak melingkar saja harus telaten, kalau tidak, ya, tidak jelas gambarnya seperti apa. hehe. Tapi bukan hal yang sulit untuk mempelajari bagaimana menggambar diatas rokok dengan media ampas kopi. Nah, setelah dilelet pada batang rokok, rokok tersebut didiamkan dahulu sampai kering.

Bagi perokok, merokok dengan batang rokok yang telah dilelet menjadi kenikmatan yang berbeda. Katanya nih, ampas kopi yang dileletkan pada rokok membuat merokok jadi berbeda. Rokok, yang mulanya hanya rasa cengkih, nikmatnya bertambah dengan rasa kopi yang masuk ke dalam rokok. Warung kopi ini bisa ditemui tak hanya di Lasem, tetapi juga di Rembang, sebuah kota berjarak 30 menit dari Lasem.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s